OPTIMALISASI KAMPUNG BATIK DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI BATIK SEMARANG DI KOTA SEMARANG

Vicka Tamaya, Susi Sulandari, Dyah Lituhayu
DOI: 10.14710/jppmr.v2i1.1612

Abstract

 

Batik adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang patut dilestarikan  merupakan salah satu produk tekstil yang besar terdapat di beberapa kabupaten dan kota Jawa Tengah, namun Kejayaan Batik Semarang di kancah dunia perbatikan  sempat memudar, dan Terbakarnya Kampung Batik di kawasan Bubakan pada zaman pendudukan Jepang ikut andil terhadap tenggelamnya Batik Semarang.Pemerintah telah melaksanakan strategi pembangunan baik fisik maupun non fisik untuk menghidupkan kembali Batik Semarang dan Kampung Batik seperti mengadakan pelatihan,aktif mengikuti pameran, serta melakukan studi banding ke beberapa kota Batik, namun strategi yang dilakukan pemerintah kurang terpadu sehinggaHasilnya pun tidak memuaskan. Masalah-masalah yang muncul adalah Bagaimana strategi kinerja yang dilakukan oleh Dekranasda dalam pengembangan Industri Batik Semarang?; Apa yang menjadi isu-isu strategis yang dihadapi oleh Pemerintah Kota dalam mengembangkan Industri Batik Semarang ?dan Bagaimana strategi yang baik untuk mengelola isu-isu tersebut?

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Pemerintah Kota Semarang,serta kendala-kendala nya juga memberikan strategi yang baik untuk mengelola kendala-kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode manajemen strategik untuk mengungkapkan isu-isu strategis secara intensif , mendalam dan komprehensif dalam penanganan Optimalisasi Kampung Batik Semarang. Melalui Analisis SWOT dan Uji Litmus sebagai instrumen untuk mengukur lingkungan dan mendapatkan strategi yang diperlukan dalam Optimalisasi Kampung Batik Semarang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Optimalisasi Kampung Batik  di Kota Semarang belum dapat dikatakan optimal, sehingga dibutuhkan strategi untuk meminimalisir kondisi tersebut. Strategi yang disarankan adalahPeningkatan kerjasama berbagai sektor usaha dan  pelibatan masyarakat dalam pengembangan Kampung Batik serta meningkatkan  sarana dan prasarana penunjang dalam Optimalisasi Kampung Batik


Full Text: Untitled

Keywords

Optimalisasi Kampung Batik Semarang; Kualitatif; Analisis SWOT