skip to main content

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KABUPATEN LAYAK ANAK DALAM PERLINDUNGAN TERHADAP KEKERASAN ANAK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK (Studi pada Lingkungan Pendidikan di Kabupaten Magelang Tahun 2023)

*Putri Dwi Febriyanti  -  S1 Ilmu Pemerintahan FISIP Undip, Indonesia
Supratiwi Supratiwi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Neny Marlina  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Maraknya kekerasan anak di Kabupaten Magelang di sekolah membuat berbagai pihak, terutama pihak pemerintah daerahnya, berupaya untuk mengatasinya. Upaya yang dilakukan yakni membangun sistem perlindungan anak melalui penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA), sebagai bagian dari kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) yang tengah diterapkan saat ini. Meski penerapan KLA di Kabupaten Magelang meraih prestasi apik dan meningkat, tetapi prestasi tersebut belum menggambarkan upaya perlindungan anak di sekolah mengalami perbaikan. Kekerasan anak masih marak terjadi, bahkan di tempat yang seharusnya aman bagi anak, yakni sekolah. Kondisi tersebut tidak terlepas dari pengaruh implementasinya. Hal tersebut membuat penelitian ini dilakukan untuk memahami proses implementasinya dengan teori implementasi kebijakan dari Grindle. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Hasilnya menunjukkan bahwa SRA belum diimplementasikan secara tepat berdasarkan teori implementasi kebijakan dari Grindle. Penerapannya terlaksana dari sisi isi kebijakan, tetapi sumber daya dan lingkungan kebijakannya belum memberikan ruang agar kebijakannya dapat terimplementasi. Hal tersebut mengakibatkan SRA belum diterapkan menyeluruh ke semua sekolah, sehingga masih ditemukan praktik yang melanggar hak anak dan cenderung memantik kekerasan di sekolah. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Sekolah Ramah Anak, Kabupaten Magelang, Kabupaten Layak Anak.
Fulltext View|Download
Keywords: Implementasi Kebijakan, Sekolah Ramah Anak, Kabupaten Magelang, Kabupaten Layak Anak.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.