skip to main content

STRATEGI KAMPANYE POLITIK CALON TUNGGAL HENDI-ITA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang Tahun 2020)

*Ravendra Bimo Prasnadjati  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
wiajayanto - -  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini meneliti kemenangan mutlak Hendi-Ita pada Pilwalkot Semarang Tahun 2020, hal ini didasari atas perolehan suara pada persentase 91%. Kemenangan tersebut didukung dengan adanya modal politik dan modal sosual yang dimiliki Hendi-Ita dalam kontestasi politik. Modal tersebut kemudian dikolaborasikan dengan sebuah strategi dan proses kampanye yang baik. Meski melawan kotak kosong, penyusunan strategi kampanye juga perlu dilakukan hal ini didasari atas tantangan besar mengenai kondisi Covid-19 yang dimana segala kegiatan harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan jarak jauh atau virtual. Hal ini juga tidak mudah karena dengan adanya kotak kosong juga sebagai lawan yang tidak bisa diprediksi. Tentu kampanye politik yang digunakan memerlukan alternatif yang kreatif dan unik untuk memanfaatkan berbagai cara serta jaringan politik agar terlibat dalam kemenangan Hendi-Ita pada Pilwalkot 2020. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk meneliti strategi kampanye politik yang dilakukan oleh Hendi-Ita pada Pilwalkot 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan marketing politik (Firmanzah, 2008). Hasil penelitian menunjukkan adanya proses strategi kampanye politik yang digunakan oleh Hendi-Ita dengan metode teknis melalui pemanfaatan media konvensional dan media digital; metode non-teknis dengan pendekatan kepada simpul PDI-P Kota Semarang, partai koalisi, jaringan relawan, jaringan profesional, dan masyarakat umum; pembuatan brand “Semarang Hebat”; serta pendekatan psikologi nilai kefiguran Hendi-Ita. Hasil perolehan suara 91% Hendi-Ita di Kota Semarang melebihi dari target 80% perolehan suara yang telah ditetapkan sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan strategi kampanye politik Hendi-Ita untuk memperoleh suara masyarakat pada Pilwakot Semarang tahun 2020
Fulltext View|Download
Keywords: Pemilihan Walikota Semarang Tahun 2020, Hendi-Ita, Kampanye Politik

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.