skip to main content

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN DAN INFORMASI KEPENDUDUKAN VIA WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

*Astrid Chandra Dewi  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Website Disdukcapil adalah pelayanan publik berbasis digital sebagai sumber informasi dan pelayanan kependudukan. Masyarakat Kota Semarang menciptakan persepsi berdasarkan pengalaman dan cara pandang individu. Dalam mengetahui persepsi masyarakat Kota Semarang menggunakan dua kategori yaitu persepsi dan informasi pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian yaitu 400 masyarakat. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dan stratified random sampling. Area sampel yang digunakan berjumlah 5 kecamatan. Terdapat pembagian jenis responden berdasarkan jenis kelamin dan umur. Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner online melalui website kuesio.id dengan skala pengukuran rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan website sebagai sumber informasi dan pelayanan kependudukan dalam kategori yang baik, karena dengan adanya website masyarakat dipermudah untuk mengetahui informasi dan melakukan pelayanan administrasi kependudukan secara online. Pelaksanaan website belum dapat mencapai kategori sangat baik karena terdapat beberapa kekurangan, yaitu belum adanya fitur untuk penyandang disabilitas, menu peraturan belum tersedia, belum adanya fitur Bahasa Inggris, sosialisasi yang belum meluas.
Fulltext View|Download
Keywords: Persepsi Masyarakat, Informasi dan Pelayanan Kependudukan, Website, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.