skip to main content

IMPLEMENTASI INOVASI E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK STUDI KASUS APLIKASI SAMPAH ONLINE BANYUMAS (SALINMAS)

*Shofy Nurul Ramadhani  -  S1 ilmu Pemerintahan, Indonesia
Muhammad - Adnan  -  S1 ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Salah satu permasalahn yang masih menjadi momok bagi pemerintah yaitu adanya permasalahan sampah. Sinergitas pemerintah pusat dan daerah menjadi penting dalam penyelesaian masalah tersebut. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas sebagai penanggungjawab pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas menciptakan inovasi aplikasi Sampah Online Banyumas “SALINMAS”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi program kebijakan Inovasi Aplikasi Salinmas dengan menggunakan metode implementasi kebijakan Edward III melalui indikator komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap subjek penelitian yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Kelompok Swadaya Masyarakat, dan masyarakat pengguna aplikasi Salinmas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Salinmas merupakan suatu inovasi pelayanan publik yang segan untuk dihentikan tetapi juga segan untuk diperbaiki. Empat tahun pelaksanaan program Salinmas justru menunjukkan adanya kemerosotan, mulai dari penurunan pengguna dan bahkan aplikasi yang tidak berjalan sesuai fungsinya. Apabila tidak ada upaya serius pemerintah untuk melakukan perbaikan keberhasilan dari adanya program Salinmas masih belum bisa dinantikan
Fulltext View|Download
Keywords: Implementasi, Inovasi Pelayanan Publik, Sampah Online Banyumas (Salinmas)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.