skip to main content

Efektivitas Layanan E-Catalogue Oleh Direktorat Pasar Digital Pengadaan Pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah (LKPP)

*Altarazhi Bramantio Widhi  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pemanfaatan teknologi berbasis elektronik merupakan sebuah inovasi yang sedang marak terjadi pada sektor pelayanan publik di Indonesia. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagai Lembaga yang memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu contoh institusi pemerintah yang menerapkan pelayanan publik berbasis elektronik. E-Catalogue atau yang biasa dikenal dengan Katalog Elektronik adalah hasil dari inovasi yang dikembangkan oleh LKPP dalam sektor pengadaan barang/jasa. Umumnya, aplikasi E-Catalogue ini memuat beberapa informasi yang berisikan daftar merk, harga, jumlah barang/jasa yang tersedia, spesifikasi dan jenis barang/jasa dari berbagai penyedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat efektivitas layanan ECatalogue yang ada di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menggunakan hasil kajian dari Elemen-elemen sukses pengembangan E-Government oleh Harvard JFK School of Government. Adapun, elemen-elemen tersebut terbagi kedalam tiga indikator, yaitu: Dukungan, Kapasitas, dan Nilai Manfaat. Oleh sebab itu, fokus dalam penelitian ini akan membahas tiga elemen tersebut yang berpengaruh dalam pengembangan E-Catalogue sebagai layanan publik berbasis elektronik di LKPP. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan pada penelitian ini, disertai dengan wawancara mendalam dan melakukan perbandingan menggunakan beberapa sumber publikasi resmi pemerintah merupakan upaya untuk menghasilkan keabsahan data yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Catalogue telah mencapai efektivitas layanan. Khususnya dilihat dari segi Dukungan yang berisikan tingkat antusiasme pemerintah dan pelaku usaha terhadap pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik, serta proses sosialisasi kepada masyarakat maupun pihak pemerintah itu sendiri. Kemudian, berdasarkan segi Kapasitas memang masih memerlukan peningkatan dilihat dari faktor-faktor finansial, dan infrastruktur dalam layanan E-Catalogue. Selain itu, dilihat melalui sisi Sumber Daya Manusia serta beberapa tahapan administratif yang berkaitan dengan tenaga dan waktu dalam layanan E-Catalogue juga masih perlu ditingkatan. Hal penting lainnya adalah Nilai Manfaat yang dihasilkan dari layanan ini juga perlu untuk diketahui. E-Catalogue menghasilkan beberapa manfaat yang sangat berdampak signifikan bagi masyarakat dan juga pemerintah, seperti: kemudahan dalam mengakses E-Catalogue yang menghasilkan penghematan waktu, keterbukaan informasi pengadaan barang/jasa, berkurangnya penyalahgunaan harga, jangkauan layanan yang sangat luas, dan penggunaan anggaran untuk belanja negara tercatat secara jelas
Fulltext View|Download
Keywords: Efektivitas, E-Catalogue, Pelayanan Publik

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.