skip to main content

PELAYANAN ADMINISTRASI KARTU JOMBANG SEHAT DI DINAS SOSIAL KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2020-2021

*Marcella Nais Thessha Chonica  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Nunik Retno Herawati  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Puji - Astuti  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pelayanan administrasi Kartu Jombang Sehat yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang pada tahun 2020 hingga 2021. Lingkup pelayanan administasi dalam hal ini terbagi dalam pelayanan pendaftaran produk Kartu Jombang Sehat yakni pendaftaran untuk produk kartu dan pendaftaran untuk produk surat rekomendasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini sendiri adalah untuk menganalisis praktik proses pelayanan administrasi Kartu Jombang Sehat yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang pada tahun 2020 hingga 2021 serta upaya apa saja yang telah dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang untuk mengatasi hambatan yang sempat ditemui saat kegiatan pelayanan adminitrasi Kartu Jombang Sehat pada masa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan pendekatan deskriptif. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini antara lain data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan responden menggunakan accidental sampling. Sementara pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara semi terstruktur dengan teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Sebagai pendukung data kualitatif, dalam penelitian ini juga melakukan observasi dan menggunakan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi Kartu Jombang Sehat yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang pada tahun 2020 hingga 2021 telah berjalan dengan baik namun belum sepenuhnya optimal. Ini diketahui dari hasil analisis data kuantitatif penelitian ini terhadap 13 responden pengguna layanan Kartu Jombang Sehat terkait pelayanan administrasi di Dinas Sosial Kabupaten Jombang menunjukkan bahwa 5 dari 8 item pertanyaan kuesioner memperoleh nilai mean yang masuk dalam kategori ‘baik’. Sementara dari hasil analisis data kualitatif penelitian ini sendiri menemukan bahwa masih adanya beberapa kondisi yang menjadi penghambat saat kegiatan pelayanan administrasi Kartu Jombang Sehat yang berlangsung pada kala itu dan dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Jombang realitasnya telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasinya namun dalam praktiknya masih ditemukan adanya hambatan yang belum ditangani. Seperti masih belum disediakannya pelayanan secara online, belum adanya perbaikan dari segi posisi penempatan kotak saran, dan sistem antrian yang masih kurang jelas
Fulltext View|Download
Keywords: Pelayanan Administrasi; Kartu Jombang Sehat; Dinas Sosial Kabupaten Jombang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.