skip to main content

STRATEGI DIGITAL CAMPAIGN PASANGAN GIBRAN – TEGUH DALAM PEMILUKADA SURAKARTA 2020 (STUDI KASUS VIRTUAL BOX)

*Aldio Tubagus Dewantoro Jati  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Muhammad - Adnan  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Wijayanto - -  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Studi ini dilakukan pada masa Pemilihan Umum Kepala Daerah ( Pemilukada ) serentak yang diadakan pada tahun 2020. Pelaksanaan pemilukada ini diadakan ditengah pandemi Covid-19. Hal ini yang menyebabkan adanya peraturan baru yang dimunculkan untuk membatasi pelaksanaan pemilukada agar tidak menambah angka tingginya penyebaran Covid-19. Kegiatan kampanye pasangan dalam pemilukada tahun 2020 dilakukan pembatasan interaksi dengan masyarakat yang memaksa setiap calon untuk menemukan cara baru agar bisa berkampanye secara efektif ke masyarakat. Studi dilakukan untuk mengetahui penerapan strategi kampanye digital dengan media virtual box campaign pasangan Gibran – Teguh ketika pandemi dalam Pemilukada Surakarta 2020. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara. Observasi, dan dokumentasi untuk menggali data. Data diolah berdasarkan teori pemasaran politik dan kampanye digital. Adapun bentuk analisi data mengguanakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan penerapan strategi virtual box campaign ini sama dengan kampanye blusukan. Pelaksanaan strategi kampanye ini dilakukan dengan cara mendatangi rumah masyarakat dengan bantuan alat virtual box yang nanti akan digunakan dalam pemaparan kampanye Gibran – Teguh. Alat Virtual Box Campaign digerakkan oleh tim pemenangan pasangan Gibran – Teguh, dalam alat ini selain digunakan untuk pemaparan visi dan misi juga sebagai sarana komuniakasi dialog dengan masyarakat terkait permasalahan yang ada di sekitar tempat tinggal. Dampak pengunaan kampanye virtual box memudahkan pasangan Gibran – Teguh untuk menjangkau wilayah – wilayah ditengah keterbatasan pandemi Covid. Penelitian ini juga menemukan tantangan didalam pelaksanaannya yang meliputi faktor cuaca, faktor goegrafis, faktor jaringan, dan faktor kepuasan masyarakat
Fulltext View|Download
Keywords: Pemilukada Serentak, Kampanye Digital, Kampanye Virtual Box

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.