skip to main content

SUSTAINING INNOVATION PELAYANAN PUBLIK DI ERA DISRUPSI, STUDI KASUS PROGRAM TEMS (TULUNGAGUNG EMERGENCY MEDICAL SERVICES) DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

*Yuyung Candra Yanvingsesa  -  S1 ilmu Pemerintahan, Indonesia
Dzunuwanus Ghulam Manar  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Hadirnya pelayanan publik yang inovatif menjadi sebuah jawaban atas berbagai permasalahan masyarakat. Inovasi TEMS merupakan sebuah layanan gabungan pre-hospital dengan pelayanan intra-hospital berbasis teknologi tingkat tinggi sehingga proses penanganan kegawatdaruratan lebih efektif dan efisien. Salah satu sektor yang terdampak disrupsi adalah sektor health service yang bertujuan menciptakan safe community. Untuk mewujudkannya, pemerintah wajib menjamin sustaining innovation pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif tipe deskriptif karakteristik studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberlanjutan inovasi TEMS di Kabupaten Tulungagung pada era disrupsi. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala IGD RSUD dr.Iskak, Petugas Operator atau PIC TEMS, dan masyarakat Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TEMS merupakan pelayanan publik yang inovatif karena mampu menjawab permasalahan kegawatdaruratan seperti penurunan dead on arrival akibat kecelakaan lalu lintas, dan mortalitas serta morbiditas akibat penyakit jantung. Keberlanjutan inovasi dilakukan TEMS dengan melahirkan mobile apps EB SOLIH, inovasi LASKAR, inovasi Home Care dengan sistem terintegrasi. Selain itu, inovasi TEMS juga mampu beradaptasi dengan adanya era disrupsi dengan penggunaan teknologi informasi berupa aplikasi berbasis sistem operasi android, adanya inovasi home care yang tidak terbatas ruang dan waktu, mampu melakukan sharing economy dengan Dinas Kesehatan dan PPNI, serta pengembangan teknologi big data berbasis EMR. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti perluasan akses mobile apps berbasis IOS, peningkatan sosialisasi aplikasi EB SOLIH, dan penyesuaian tarif home care bagi pasien non BPJS
Fulltext View|Download
Keywords: Inovasi Pelayanan Publik, Sustaining Innovation, Disrupsi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.