skip to main content

Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kota Semarang Dalam Masa Pandemi Melalui Aplikasi Sistem Informasi Dokumen Online Kependudukan (SI D’nok)

*Adi - Prabowo  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Wijayanto - -  -  S1 ilmu Pemerintahan, Indonesia
Nunik Retno Herawati  -  S1 ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi SI D’nok menggunakan teori Karakteristik Inovasi Pelayanan milik Everett Rogers yang memiliki 5 (lima) indikator yaitu Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Trialability, dan Observability beserta hambatannya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut Dispendukcapil Kota Semarang inovasi SI D’nok berhasil memenuhi 5 (lima) indikator Karakteristik Inovasi pelayanan publik dari Everett Rogers. Sementara itu, masyarakat menilai bahwa inovasi SI D’nok kurang dapat memenuhi indikator relative advantage. Namun, SI Dnok berhasil memenuhi indikator compatibility, complexity, dan observability dengan cukup baik. Beberapa hambatan yang terjadi adalah permasalahan server, permasalahan fitur, sumber daya manusia, dan situasi Pandemi Covid-19. Secara garis besar SI D’nok dapat dikatakan merupakan sebuah inovasi yang layak untuk diadopsi meskipun tetap membutuhkan perbaikan
Fulltext View|Download
Keywords: Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi SI D’nok, Teori Karakteristik Inovasi, Dispendukcapil, Pandemi Covid-19

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.