PERAN BAGIAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM PENYELENGGARAAN E-GOVERNMENT (STUDI PENDAYAGUNAAN WEBSITE RESMI KOTA SEMARANG)

Received: 1 Oct 2013; Published: 2 Oct 2013.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
E-government merupakan penggunaan Information and Communication Technology (ICT) dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan baik negara maupun daerah untuk menerapkan pemerintahan yang lebih efektif dan efisien dari segi biaya maupun waktu, kemudahan fasilitas layanan pemerintah serta memberikan akses informasi terhadap masyarakat umum, dalam rangka menuju good governance. Sebagai salah satu kota besar dan ibukota Jawa Tengah, Semarang tidak ingin tertinggal dari daerah lain yang telah lebih jauh melaksanakan e-government. Oleh karena itu, e-government menjadi sarana penting untuk meningkatkan pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan website resmi telah mencapai tahapan interaksi melalui forum chat dan email, sudah mempunyai fungsi dan orientasi guna pencapaian visi dan misi Kota Semarang dan bagian-bagian terkait dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan peningkatan pelayanan publik. Sedangkan proses back office dan aksesibilitas sudah cukup baik dengan adanya tim khusus dan jaringan yang terintegrasi antar SKPD. Pada portal/front office-nya struktur informasi dalam website cukup informatif dan mudah dicari maupun dipahami. Disarankan dalam pengembangan kedepannya agar selalu sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada pada waktu berjalan, peningkatan tahapan informasi dalam website juga diperlukan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan informasi.

Article Metrics: