“Perilaku Memilih Masyarakat pada Pemilu Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kendal 2010”

Published: 27 Sep 2013.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 58 354
Abstract

ABSTRAKSI
Keikutsertaan masyarakat dalam pemilihan umum kepala daerah merupakan suatu tindakan memilih pemimpin yang dapat memimpin dengan baik daerahnya. Kecenderungan untuk memilih salah satu kandidat dalam pemilihan umum kepala daerah terbentuk oleh suatu perilaku pemilih yang telah dibentuk dari lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat dalam pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Kendal Tahun 2010. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik probability sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kandidat (figur pasangan calon) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap perilaku pemilih, karena pemilih melihat kandidat dari citra suatu kandidat. Faktor lain adalah visi/misi pasangan calon juga mempengaruhi perilaku pemilih selain kesamaan agama dengan kandidat yang dipilih. Hasil analisa juga menunjukkan bahwa perilaku memilih masyarakat Kabupaten kendal masih dipengaruhi oleh “politik uang” walaupun pada dasarnya mayoritas masyarakat Kendal memiliki partisipasi yang tinggi dalam Pemilu serta sadar akan haknya sebagai warga negara.
Kata kunci : PEMILUKADA, perilaku memilih

Article Metrics: