skip to main content

KEBERLANJUTAN INOVASI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) YANG DIKELOLA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA MEDAN

*Elias Martin Silalahi  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Dzunuwanus Ghulam Manar  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
puji - astuti  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dalam implementasi inovasi Online Single Submission (OSS) yang dikelolah DPMPTSP Kota Medan terdapat banyak penyesuaian serta kendala yang harus diselesaikan. Penelitian ini melihat bagaimana upaya yang dilakukan DPMPTSP Kota Medan dalam mengatasi permasalahan selama penerapan Online Single Submission (OSS) di kota Medan? Serta Apa  strategi yang dilakukan DPMPTSP Kota Medan yang mempengaruhi Inovasi Perizinan lewat OSS dapat bertahan dan berlanjut hingga saat ini?

Tujuan penelitian ini Menjelaskan upaya yang dilakukan oleh DPMPTSP Kota Medan mengatasi permasalah diterapkannya OSS terkait deregulasi, birokratisasi dan digitalisasi serta  menjelaskan strategi DPMPTSP Kota Medan yang mempengaruhi Inovasi Perizinan lewat OSS dapat bertahan hingga saat ini menggunakan parameter Sustainability atau keberlanjutan pelayanan publik?

Penelitian ini menggunakan teori Good governance dengan melihat tiga aspek utama yaitu, deregulasi, birokratisasi dan digitalisasi. Selain itu Teori selanjutnya adalah Sustainability Innovation Territory Map oleh Bowfield, Visser, dan Livesey yang membagi 3 Territory Map yaitu enablers, agents, dan process. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan mewawancarai narasumber utama yaitu bapak Rizal Pahlawan selaku Kepala Bagian Bidang Pengolahan Data, Perencanaan, dan Pengembangan DPMPTS Kota Medan.

Hasil penelitian menunjukkan DPMPTS Kota Medan cukup berhasil dalam menyelesaikan kendala OSS pada awal diimplementasikan adalah dengan beberapa penyesuaian di bidang deregulasi, debirokratisasi, serta dalam aspek digitalisasi, sehingga  dapat diterapkan di Kota Medan. Selain itu peran DPMPTSP Kota Medan sebagai Enablers, Agent, dan Process sudah maksimal dan cukup berhasil dalam menghubungkan inovasi OSS kepada masyarakat di kota Medan, dilihat dengan adanya pertumbuhan nilai investasi di Kota Medan pada tahun 2019. DPMPTSP Kota Medan berhasil merangkul berbagai kalangan dengan sosialisasi serta edukasi serta proses layanan bantuan pembuatan izin melalui OSS
Fulltext View|Download
Keywords: Online Single Submission (OSS), good governance, keberlanjutan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.