skip to main content

IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BATANG

*Tutur Nur Mufidah  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
wijayanto - -  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penyelenggaraan pelayanan publik yang bercirikan good governance merupakan salah satu tugas penting bagi pemerintah. Pada DPMPTSP Kabupaten Batang meskipun pelayanan publik dapat dikatakan baik namun, prinsip-prinsip good governance belum terwujud secara optimal khususnya pada perijinan terkait tata ruang dan dihadapkan dengan kondisi pandemi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Implemetasi Good Governance Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Batang. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi good governance pada DPMPTSP Kabupaten Batang sudah cukup baik. Dalam praktinya penerapan good governance tersebut dilakukan dengan memberikan wadah bagi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan, pengambilan keputusan bahkan evaluasi khususnya mengenai perijinan. Meski demikian, masih terdapat kendala dalam penerapannya baik dari sistem pelayanan online yang belum sempurna dalam perijinan tata ruang dan adanya pandemi covid19 yang berdampak kepada pegawai DPMPTSP Kabupaten Batang, pembatasan waktu pelayanan, dan juga penurunan tingkat investasi dan perijinan. Selain itu diketahui pula terdapat faktor pendukung dan penghambat penerapan good governance pada DPMPTSP Kabupaten Batang. Dalam penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa good governance dapat terwujud melalui pelayanan publik yang baik pula
Fulltext View|Download
Keywords: Good Governance, Pelayanan Publik, PTSP

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.