skip to main content

Strategi Sosialisasi KPU Kota Semarang dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang Tahun 2020

*muhammad mifthul huda Setiaji  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
fitriyah - -  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kenaikan tingkat partisipasi masyarakat Kota Semarang dalam Pilwakot Tahun 2020 dibandingkan hasil Pilwakot 2015 padahal ada pandemi Covid-19. Penelitian ini bermaksud menjelaskan strategi sosialisasi KPU Kota Semarang dan apakah mendorong pemilih pemula untuk berpartisipasi.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara untuk mendapatkan data dari informan, lalu peneliti menambahkan kuesioner sebagai pembanding antara rencana program sosialisasi dengan penerapannya di lapangan serta mengetahui tingkat penerimaan responden.

            Hasil dari penelitian ini adalah Strategi Sosialisasi KPU Kota Semarang sudah disiapkan lebih awal menggunakan berbagai metode. Namun karena Pilkada pada masa Covid-19 KPU Kota Semarang lebih mengutamakan media sosial. Strategi ini memiliki dampak yang baik kepada pemilih pemula di Kota Semarang. Tingkat penerimaan sosialisasi pemilih pemula tinggi sehingga mereka mendapatkan pengetahuan mengenai Pilwakot Semarang 2020 dan mendorong mereka untuk menggunakan hak pilih. 

            Terdapat saran kepada KPU Kota Semarang dalam melaksanakan sosialisasi terhadap pemilih pemula untuk lebih mengenalkan pasangan calon serta visi misi yang diusung sehingga pemilih pemula mengetahui rencana program tersebut, penggunaan media sosial dan internet tetap dipertahankan sebagai sarana sosialisasi karena kemudahan dalam mengakses informasi menjadi keuntungan bagi KPU Kota Semarang dalam mensosialisasikan pemilu di masa yang akan datang.
Fulltext View|Download
Keywords: Partisipasi Pemilih, Pilwakot Semarang, Sosialisasi, Pemilih Pemula

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.