skip to main content

KEBIJAKAN PARIWISATA BERBASIS KOMUNITAS DI KOTA SURAKARTA

*Nindy Ajeng Maharani  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
laila kholid Alfirdaus  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Turtiantoro - -  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan gambaran Kebijakan Pariwisata Berbasis Komunitas di Kota Surakarta. Pariwisata merupakan salah satu sektor penting bagi masing-masing daerah, Pemerintah Daerah berupaya untuk mengembangkan potensi wisata di daerah supaya dapat menarik minat wisatawan. Selain itu, melalui pariwisata memunculkan adanya pemberdayaan masyarakat lokal sehingga dari hal itu akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan observasi. Teknik wawancara dilakukan kepada pihak-pihak terkait dengan Kebijakan Pariwisata Berbasis Komunitas di Kota Surakarta. Teknik analisis data penelitian bersifat deskriptif.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Kebijakan Pariwisata Berbasis Komunitas di Kota Surakarta ada berdasarkan potensi pariwisata di Kota Surakarta dan kondisi umum di Kota Surakarta, seperti kondisi geografis dan kependudukan, selain itu sebagai wadah memberdayakan masyarakat lokal, mengingat bahwa potensi wisata di Kota Surakarta hampir seluruhnya membutuhkan bantuan masyarakat lokal. Kebijakan Pariwisata Berbasis Komunitas di Kota Surakarta dinilai mampu untuk membantu kelompok pariwisata Kota Surakarta. Namun, masih terdapat kepentingan pribadi dalam pelaksanaan Kebijakan Pariwisata Berbasis Komunitas di Kota Surakarta, yang kemudian menjadi penghambat dalam implementasinya
Fulltext View|Download
Keywords: Kebijakan, Pariwisata, Masyarakat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.