skip to main content

STRATEGI KAMPANYE SOSIALPADA PILKADA KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2020 MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL FACEBOOK

*Debhy - Mayangsari  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Wijayanto - -  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi kampanye media sosial yang ditelusuri melalui pembangunan wacana konten, hubungan antarpesan, dan interaksi yang terjadi oleh warganet dalam konten kampanye politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye media sosial pada pilkada Kabupaten Pekalongan Tahun 2020 melalui platfrom facebook oleh kedua kandidat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan etnoggrafi digital, studi kepustakaan, dan wawancara mendalam pada perwakilan tim sukses. Analisis meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hadil penelitian ini menunjukkan kedua kandidat menggunakan seluruh jenis strategi pendekatan pasar. Namun jika menggunakan strategi politik Peter Schroder, petahana lebih condong menggunakan strategi defensif sedangkan rivalnya menggunakan strategi ofensif.
Fulltext View|Download
Keywords: Strategi Politik, Kampanye Media Sosial, Pilkada Kabupaten Pekalongan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.