skip to main content

Respon Pemerintah Desa Dalam Menghadapi Fenomena Pernikahan Dini di Desa Jurangjero Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora

*Retna Arista Kesi Wijayanti  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Dzunuwanus Ghulam Manar  -  S1 Ilmu Pemerintahan
Laila Kholid Alfirdaus  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pernikahan dini bisa terus terjadi di Desa Jurangjero Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora dan bagaimana respon pemerintah desa dalam menghadapi fenomena ini. peneitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana fenomena pernikahan dini di Desa Jurangjero dan mengidentifikasikan bagaimana respon pemerintah desa setempat dalam menghadapinya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode etnografi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan melakukan pengamatan lalu mencatatnya, wawancara serta dokumentasi. Sebagai data pendukung, dalam penelitian ini menggunakan studi literature. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menunjukan bahwa fenomena pernikahan dini di Desa Jurangjero Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora yang mana pernikahan dini di desa ini merupakan kasus pernikahan dini tertinggi di tingkat kecamatan. Adapun penyebab terjadinya pernikahan dini tidak lain adalah karena budaya yang terbawa dari jaman nenek moyang yang dilakukan hingga sekarang, selain itu anggapan masyarakat bahwa pernikahan dini lebih baik dibandingkan pendidikan yang memakan banyak waktu dan materi serta pemahaman kesehatan reproduksi yang kurang dari kalangan masyarakat. Dalam panalitian ini juga dijelaskan bagaimana respon pemerintah desa dalam menghadapi fenomena ini. Sejauh ini pemerintah selalu membantu proses demi proses dari tingkat desa hingga permohonan dispensasi ke pengadilan agama, meski pemerintah desa paham akan batas usia pernikahan namun pemerintah desa pakewuh untuk menolak karena aparat desa juga merupakan warga desa setempat di sisi lain pemerintah desa juga menjaga konstiuen dan berusaha melayani warga dengan baik. Meskipun pernikahan dini telah menjadi permasalahan umum namun hingga saat ini belum ada upaya khusus dari pemerintah desa dan kabupaten sehingga pernikahan dini terus terjadi hingga sekarang.

Fulltext
Keywords: Pernikahan Dini, Respon Pemerintah Desa

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.