slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) | GUNAWAN | Journal of Politic and Government Studies skip to main content

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

*SEPTIYANTO ARIS GUNAWAN  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Ahmad - Taufiq  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Puji - Astuti  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Angka kemiskinan di Kota Semarang lumayan tergolong tinggi. Salah satu cara untuk mengatasi kemiskinan adalah melalui Program CSR yang dilakukan olaeh PT. Indonesia Power UP Semarang. Pemberian Program CSR di Kelurahan Tanjung Mas Berupa bantuan modal usaha (alat produksi) sehingga UMKM masyarakat menjadi lebih berkembang. Permasalahan yang muncul adalah Bagaimana strategi pengelolaan CSR dengan program mengatasi kemiskinan yang dilakukan oleh PT. Indonesia Power di kelurahan Tanjung Mas Semarang. Tujuan Penelitian ini menjelaskan menganalisis strategi pengelolaan CSR dengan program mengatasi kemiskinan yang dilakukan oleh PT. Indonesia Power di Kelurahan Tanjung Mas Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menganalisis penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dan teori CSR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberdayaan masyarakat yang di lakukan oleh PT. Indonesia Power UP Semarang yang dilakukan di Kelurahan Tanjung Mas Semarang melalui program CSR. Setelah penentuan program yang akan dilaksanakan di masyrakat Tambak Lorok kemudian PT. Indonesia Power mengkoordinasikan kepada pihak Kelurahan dan kemudian mengadakan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Pelatihan yang didapatkan oleh masyarakat dari PT. Indonesia Power dapat membantu atau menimbulakan keinginan masyarakat untuk membikin usaha seperti yang didapatkan didalam seminar untuk mengembangkan inovasi-inovasi produknya. Selain itu masyarakat mendapatkan informasi atau cara penjualan dalam memasarkan produk UMKM nya. Dengan demikian program CSR ini sudah berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, strategi pengelolaan CSR PT Indonesia Power dalam mengatasi kemiskinan di Kelurahan Tanjung Mas dilaksanakan secara terencana dan berorientasi pada pembangunan berkelanjutan.
Fulltext
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, CSR, Masyarakat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.