skip to main content

STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2018

*Edy - Prastyo  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Dewi - Erowati  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kabupaten Kudus beberapa tahun belakangan ini mengalami peningkatan pada jumlah pengunjung dan PAD di sektor pariwisata. Sehubungan dengan adanya peningkatan angka kunjungan wisata dan kenaikan pada PAD pada tahun 2016-2018 di Kabupaten Kudus, maka penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini berkaitan dengan strategi yang digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus dalam mengembangkan Kabupaten Kudus khususnya di sektor Pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni: Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Jajaran pegawai Dinas Budaya Kabupaten Kudus, dan pengunjung obyek pariwisata Kabupaten Kudus. Temuan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pertama Pariwisata Kabupaten Kudus hanya tertuju pada wisata religi seperti Makam Sunan Kudus dan Menara Kudus, Makam Sunan Muria dan juga Museum Kretek. Kedua terbatasnya dana anggaran Pengembangan Pariwisata Kabupaten Kudus. Ketiga masih banyak ditemui hal-hal yang membuat wisatawan merasa kurang nyaman dan kurang puas, mulai dari akses menuju beberapa obyek wisata, sarana transportasi, lahan parkir, toilet, dan lahan pedagang kaki lima, yang dirasa masih kurang diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus. Padahal sarana-sarana seperti yang sudah dijelaskan diatas yang menjadi tugas penting dan harus segera ditemukan solusinya. Berdasarkan temuan dapat ditarik saran-saran yang dapat diberikan diantaranya adalah perlu adanya upaya untuk meningkatkan jumlah anggaran yaitu dengan melakukan kerjasama dengan pihak swasta. Masyarakat juga diharapkan selalu menjaga kebersihan, ketertiban dan dianjurkan untuk selalu bersikap ramah terhadap para wisatawan, karena itu adalah kunci dimana wisatawan akan merasa aman dan nyaman
Fulltext
Keywords: Strategi, Pengembangan, Obyek wisata

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.