skip to main content

Strategi Pemenangan Pasangan Calon Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018

*Gina Yuliana Dewi  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Dewi - Erowati  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai strategi pemenangan pasangan calon Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum pada Pilgub Jawa Barat Tahun 2018. Kandidat yang baru maju ini berhasil meraih kemenangan, dari fenomena tersebut memunculkan pertanyaan bagaimana pasangan kandidat baru bisa mengalahkan petahana dan kandidat yang diusung oleh partai pemenang pemilu legislatif Jawa Barat. Berdasarkan permasalahan tersebut menjadi menarik untuk dikaji karena calon baru bisa mendapatkan kursi kemenangan. Tentunya kemenangan diraih melalui persiapan yang matang dan strategi yang digunakan oleh tim pemenangan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi yang digunakan tim pemenangan serta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan pasangan calon Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dapat memenangkan Pilgub Jawa Barat Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan teknik dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini, yaitu perwakilan tim pemenangan DPW NasDem Jabar, tim penyusunan visi dan misi Ridwan Kamil, pengamat politik, relawan, dan masyarakat pemilih. Kajian penulisan ini akan menggunakan teori marketing politik dan modalitas yang kemudian dianalisis menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemenangan yang dilakukan yaitu memanfaatkan jaringan relasi media dan basis dukungan paslon untuk mempromosikan product, serta peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap figur paslon melalui bantuan promosi relawan-relawan di media sosial dan door to door; mempertahankan elektabilitas dengan product dan modalitas yang dimiliki dan peningkatkan popularitas Ridwan Kamil melalui pengenalan product oleh relawan-relawan yang ikut mempromosikan; menonjolkan ketokohan atau figuritas paslon; dan mempromosikan segala bentuk keunggulan seperti karakteristik personal dan popularitas paslon serta program, visi dan misi. Saran dari penelitian ini diharapkan peneliti lain mampu menjangkau lebih banyak temuan untuk mendapatkan hasil yang lebih kompleks mengenai topik ini.
Fulltext
Keywords: Strategi pemenangan, marketing politik, modalitas, pilgub

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.