skip to main content

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN IV DALAM MENENTUKAN INOVASI DI PROVINSI JAWA TENGAH

*Reza - Pangestika  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Dzunuwanus Ghulam Manar  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Teguh - Yuwono  -  S1 Ilmu Pemerintahan, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Dalam meningkatkan kinerja ASN maka mereka diberikan kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya. Sementara itu, pemerintah gencar melakukan inovasi terhadap sistem birokrasi. Sehingga, upaya yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan kinerja ASN yang inovatif melalui pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dengan output produk yang inovatif. Namun tidak semua output berupa inovasi tersebut berlanjut pasca pendidikan dan pelatihan kepemimpinan selesai. Dari 10 inovasi/proyek perubahan, 4 diantaranya tidak berlanjut karena alumni dimutasi. Bagi yang berlanjut juga terdapat hambatan dalam berbagai faktor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat efektivitas pembuatan proyek perubahan/inovasi pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan IV dalam menentukan inovasi khususnya Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan IV Angkatan 1 Tahun 2019 BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Dengan metode kualitatif dan melakukan wawancara terhadap 20 informan pada 6 inovasi yang berlanjut dan pra penelitian kepada 10 alumni/inovator. Hasilnya menunjukkan 4 inovasi/proyek perubahan tidak berjalan karena alumni/inovator dimutasi. Enam inovasi/proyek perubahan yang berlanjut memiliki faktor pendukung berupa inovasi yang bebas dan sesuai dengan tupoksi, tidak membutuhkan banyak ketrampilan khusus, dukungan pimpinan, dukungan stakholder, sarana dan prasana, adanya gagasan untuk memperbaiki dan mengembangankan inovasi. Meskipun memiliki hambatan seperti kurangnya sosialisasi, anggaran, tidak adanya insentif, kurangnya partisipasi, faktor kondisi, regulasi dan persetujuan, dan pengguna belum terbiasa dengan perubahan para implementator memiliki solusi untuk mengatasi dan memiliki keinginan untuk mempertahankan inovasi tersebut. Sementara bagi birokrasi inovasi/proyek perubahan tersebut memiliki dampak dan bagi pengguna inovasi banyak yang merasakan dampak positifnya. Sehingga pembuatan inovasi/proyek perubahan pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan IV efektif dalam menentukan inovasi.
Fulltext
Keywords: Proyek Perubahan, Diklat Pim, Inovasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.