PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA KARANGTENGAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017

Published: 30 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk 1) menganalisis proses penyusunan dan penetapan program dan kegiatan Dana Desa, 2) Untuk menganalisis pelaksanaan program dan kegiatan yang direncanakan dan ditetapkan dalm penggunaan dana desa, 3) Untuk menganalisis pengawasan penggunaan Dana Desa, di desa Karangtengah kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Subjek penelitian Kepala Desa, Sekretaris Desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan masyarakat di Desa Karangtengah kecamat Cilongok Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data dengan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data yaitu dengan tahapan 1) pengumpulan data,  2) reduksi data,  3) penyajian data,  dan 4) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan,  1) proses penyusunan dan penetapan program dan kegiatan Dana Desa di desa Karangtengah kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas dilakukan dengan perencanaan yang baik dan melibatkan seluruh unsur masyarakat dan berdasar sekala prioritas kegiatan. 2) pelaksanaan program dan kegiatan penggunaan dana desa dilaksanakan sesuai perencanaan yang telah ditetapkan dan melibatkan seluruh unsur masyarakat, 3) Pengawasan pelaksanaan penggunaan  Dana Desa di desa Karangtengah kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas dilakukan dengan baik,  tidak hanya dari pemerintah desa tetapi juga oleh masyarakat..

Simpulan penelitian yang dapat disampaikan bahwa penggunaan dana desa di desa Karangtengah kecamatan Cilongok direncanakan, dilaksanakan dan diawasi dengan baik. Saran yang dapat disampaikan adalah, bahwa dalam penggunaan dana desa harus selalu melibatkan seluruh unsur masyarakat desa dan sesuai priorotas kebutuhan dari masyarakat desa.

Kata Kunci: Pengelolaan, Dana DesaImplementasi Kebijakan

Article Metrics: