PENGELOLAAN LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) MELALUI “LAPOR” HENDI DI KOTA SEMARANG

Published: 30 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengelolaan laporan dalam LAPOR HENDI Kota Semarang yang dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kota Semarang. Pengelolaan Laporan ini merupakan upaya P3M dalam  menjawab dan mengatasi setiap laporan yang masuk yang meliputi, pengaduan, penyampaian aspirasi dan permintaan informasi.

Tipe penelitian yang dijalankan adalah penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil dari wawancara dengan narasumber serta mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah puposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan alam penelitian ini ialah dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Pemerintah Kota Semarang melalui Program LAPOR HENDI yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kota Semarang, melalui P3M yang berada dibawah naungan Diskominfo Kota Semarang, terdapat suatu proses pengelolaan laporan yang nantinya akan ditindaklanjuti sebagai upaya penyelesaian laporan, dimulai dari Penerimaan, Penelaahan dan pengklasifikasian, Disposisi pengaduan, Pelaksanaan pemantauan pengaduan yang sudah didisposisi, penyelesaian pengaduan (apabila pengaduan dapat diselesaikan di P3M tidak perlu diteruskan ke OPD dan/BUMD).

Terdapat alur dalam proses pengelolaan laporan seperti yang sudah disebutkan diatas, dalam proses pengelolaannya terdapat juga faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi keberhasilan pengelolaan laporan yang masuk, seperti hal nya faktor pendukung yang berasal dari struktur birokrasi yang tidak terlalu rumit, disposisi yaitu adanya kesepahaman antara pembuat kebijakan dengan pelaksana kebijakan, selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat dalam pengelolaan laporan yaitu adalah Ketersediaan sumber daya manusia, dalam hal ini perlu adanya penambahan personel untuk meringankan beban pelaksanaan tugas yang sebelumnya.

Kata kunci: Lapor Hendi, P3M, Pengelolaan Laporan

Article Metrics: