ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN LOW COST GREEN CAR TERHADAP PERSPEKTIF POLITIK LINGKUNGAN DAN KESADARAN KONSUMEN DALAM MUTU RAMAH LINGKUNGAN: STUDI KASUS LCGC MEREK DAGANG TOYOTA DI SEMARANG SELATAN

Mega Widya Denanda, Edi Santosa

Abstract


Transportasi adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari karena sangat
memudahkan mobilitas. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak produsen mobil yang
menggabungkan kemajuan teknologi dan transportasi. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi
dalam bidang transportasi adalah gas buang dan bahan bakar yang digunakan. Low Cost Green Car
adalah salah satu inovasi yang dibuat oleh para ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) di
Indonesia untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan dan tingkat konsumsi bahan bakar di
Indonesia. LCGC menjadi menarik untuk diteliti karena volume tipe mobil tersebut yang meningkat
pesat sejak awal kebijakan tersebut diterapkan yang kemudian memiliki dampak terhadap Kota
Semarang yang termasuk salah satu kota besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
mixed method guna menggabungkan data kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif dan
menggunakan teori partisipasi politik Huntington dan Nelson.
Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan kebijakan, persepsi masyarakat
terhadap produk yang ramah lingkungan serta gap yang terjadi antara regulasi dan fakta empirik.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan kurangnya aksi yang berkesinambungan antara pemerintah,
pihak swasta, dan masyarakat. Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan
kebijakan, persepsi masyarakat terhadap produk yang ramah lingkungan serta gap yang terjadi
antara regulasi dan fakta empirik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan kurangnya aksi yang
berkesinambungan antara pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.