STRATEGI PEMENANGAN MELALUI PENDEKATAN MARKETING POLITIK dalam PEMILUKADA JAWA TENGAH 2018 (STUDI KASUS STRATEGI PEMENANGAN di KABUPATEN REMBANG)

Finky Ariandi, Priyatno Harsasto

Abstract


Peneliti berusaha untuk mengkaji strategi marketing politik Ganjar Pranowo dan Taj Yasin
Maimun Zubair guna mengatasi penurunan suara di Kabupaten Rembang akibat konflik yang terjadi
antara Ganjar Pranowo dengan masyarakat Kabupaten Rembang berdasarkan penerbitan izin
pendirian pabrik semen milik PT Semen Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang mencoba menggambarkan
kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan serta melakukan analisis secara cermat dalam mengamati
fenomena yang dijumpai, bertujuan untuk mengetahui secara mendalam dan detail mengenai suatu
kasus strategi pemenangan menggunakan pendekatan marketing politik yang terdapat di suatu daerah.
Penelitian ini menemukan bahwa strategi berdasarkan marketing politik guna memenangi
Pemilukada Jawa Tengah 2018 telah diterapkan dengan optimal yang berdampak pada kenaikkan
hasil perolehan suara dan kemenangan di Jawa Tengah maupun di Kabupaten Rembang. Penelitian
ini juga menemukan bahwa pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimun Zubair beserta tim
pemenangan berhasil membuat mesin politik alternatif dimana pendekatan berdasarkan pemanfaatan
sumberdaya jaringan yang dimiliki, yaitu jaringan Santri Sarang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.