skip to main content

Strategi Dinas Pasar Kota Semarang Dalam Mewujudkan Daya Saing Pasar Tradisional Terhadap Keberadaan Pasar Modern


Citation Format:
Abstract

Adanya strategi kebijakan dari Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pasar Kota Semarang untuk
turut mewujudkan daya saing yang dibutuhkan pasar tradisional di kota Semarang ditengah menjamurnya
pasar modern . Kota Semarang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang sering dijadikan lahan
bisnis oleh para investor, baik investor asing maupun investor local dibandingkan dengan kabupaten/kota di
Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kulaiitatif. Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang
bermaksud untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku,
persepsi, motivasi, tindakan secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan Bahasa,
pada suatu konteks khusus alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian
deskriptif digunakan untuk menggambarkan tentang apa yangs edang diteliti dan menjadi pokok
permasalahanan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan mengenai strategi
yang dilakukan Dinas Pasar Kota Semarang dalam meningkatkan daya saing pasar tradisional terhadap
keberadaan asar modern adalah dengan melakukan strategi intervensi fisik, rehabilitasi ekonomi, dan
revitalisasi sosial. Pada strategi intervensi fisik, dinas pasar kota Semarang melalukan perbaikan struktur,
infrastruktur, sarana maupun prasarana pendukung dari pasar tradisional untuk menciptakan lingkungan
berbelanja yang nyaman bagi konsumen sehingga tetap memilih untuk daang dan berbelanja di pasar
tradisional yang fasilitas dan lingkungannnya tidak kalah dari pasar modern.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.