STRATEGI PEMENANGAN PETAHANA DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN NGAWI 2010

Published: 3 Apr 2013.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Kabupaten Ngawi merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang telah melaksanakan Pemilhan Umum Kepala Daerah pada tahun 2010 yang lalu. Kemenangan mutlak pasangan Ir.Budi Sulistyono dan Ony Anwar,ST menarik untuk dicermati. Pertama, melihat latar belangkang figur calon sebagai Petahana, yang ingin melanjutkan kekeuasananya bersaing dengan lima pasangan calon diantara keempat pasangan calon bermacam-macam latar belakang profesi,Ratieh Sanggarwati merupakan mantan model terkenal,sedangkan sisanya ada yang berlatar belakang profesi sebagai pengusaha,birokrat,anggota DPRD dan ketua partai dll.Kemenangan pasangan Kanang-Ony tidak terlepas dari figurnya masing-masing, Kanang (Ir. Budi Sulistyono) merupakan mantan Wakil Bupati Ngawi dua periode,selain itu Kanang juga menjabat sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Ngawi, sedangkan sedangkan Ony Anwar dikenal sebagai putran dari dr.H.Harsono yang juga sebagai mantan Bupati Ngawi periode 2000-2005 dan 2005-2010.Kedua,pasangan Kanang dan Ony diusung oleh empat partai, PDIP, Golkar, PAN dan PKS. PDIP dan Golkar dalam pemilu legislatif 2009 yang lalu mendapatkan jatah kursi di DPRD delapan kursi,PAN mendapat 5 kursi dan PKS mendapat 3 kursi dari 45 lima kusri yang diperebutkan. Ketiga, Kabupaten Ngawi merupakan basis pendukung “Banteng” dan loyalis Golkar, dari dua pemilihan legislatif yang pernah digelar, PDIP selalu menjadi pemenang diikuti Golkar menempati urutan kedua.Dari ketiga alasan tersebut menarik untuk
mengetahui strategi politik yang diguanakan pasangan Kanang-Ony sehingga mampu menang mutlak di 18 kecamatan dari 19 kecamatan di Kabupaten Ngawi dengan perolehan suara mencapai 54,38 % suara dalam pemilukada Kabupaten Ngawi tahun 2010.
Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apa saja strategi yang digunakan oleh pasangan Kanang-Ony sehingga dapat memperoleh suara mayoritas dalam Pemilukada Ngawi tahun 2012. Untuk memperkuat dan mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan orang-orang yang dinilai mengetahui dan konsern terhadap pemilihan umum kepala daerah Ngawi tahun 2010 serta narasumber yang dianggap mengetahui, digunakan pula data dan dokumen untuk menunjang kelengkapan informasi yang dibutuhkan.
Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang digunakan pasangan,Kanang-Ony dapat diklsifikasikan dalam 2 strategi, pertama strategi internal Tim pasangan Kanang Ony terkait bagaimana dia membangun kekuatan tim pemenangan meliputi, Koalisi partai pengusung,Tim pemenangan yang solid. Kedua Strategi yang berkaitan dengan sisi eksternal Tim pemenangan yang meliputi mobilisasi organisasi-organisasi berpengaruh, rekruitmen tokoh tokoh penting,jaringan birokrasi dan bagaimana cara dia memelihara pemilih menjadi pengaruh besar dalam kemenangan yang diperoleh pasangan ini.
Berpijak pada hasil penelitian maka, Sehingga kesimpulan utama yang dapat di generalisasikan dari penelitian ini adalah dalam konteks kemenangan calon kepala daerah dalam Pemilihan kepala daerah secara langsung. bahwa jaringan politik,kinerja Tim Pemenangan,platform partai serta pencitraan terhadap pasangan calon Kanan-Ony.
Kata kunci: Strategi Pemenangan, Petahana dan Pemilukada
Abstract

Article Metrics: