EVALUASI PROSES KEBIJAKAN PENANGANAN BANJIR ROB DI KOTA SEMARANG OLEH PEMERINTAH KOTA SEMARANG

Published: 8 Jan 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Semarang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sejak dulu masih terpapar banjir rob dan seakan tak kunjung usai, sehingga diperlukan adanya evaluasi secara menyeluruh terhadap proses kebijakan penanganan banjir rob di Semarang tersebut. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah pada proses kebijakan penanganan banjir rob di Kota Semarang yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, apakah proses kebijakan telah berjalan sebagaimana mestinya dan lalu diadakan evaluasi terkait proses tersebut.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tipe deskriptif, dengan informan pegawai dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang yang berwenang dalam mengatasi banjir rob di Kota Semarang. Penelitian ini menjelaskan tentang apakah upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang telah sesuai dengan teori evaluasi proses atau belum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari evaluasi proses kebijakan penanganan banjir rob di Kota Semarang didapati masalah-masalah yang masih belum terselesaikan dengan baik, seperti kapasitas saluran yang masih belum teroptimalisasi dengan baik dan juga belum makismalnya upaya untuk menghentikan penurunan tanah.

Article Metrics: