skip to main content

PERILAKU PEMILIH MASYARAKAT DKI JAKARTA PADA PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017


Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi hasil daripada pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi DKI Jakarta tahun 2017. Penelitian ini mencakup seluruh kewilayahan dari Provinsi DKI Jakarta dan mencakup jumlah responden yang telah ditentukan.

Tipe penelitian ini adalah studi kasus melalui pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan diperoleh melalui pembagian dan pengisian kuesioner kepada narasumber dan responden atau sampel yang berhubungan dengan penelitian ini, sedangkan data sekunder berasal dari dokumentasi dan arsip. teknik penentuan jumlah dari responden menggunakan rumus slovin, dan teknik penentuan sample menggunakan teknik multistage random sampling. Penelitian menemukan bahwa asumsi terkait adanya pengaruh politik identitas dalam proses pemilihan gubernur DKI Jakarta ternyata tidak ditemukan pada penelitian ini.

Pendekatan sosiologis yang banyak diasumsikan menjadi pendekatan terhadap pemilih yang paling menjanjikan dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 nyatanya tidak dapat dibuktikan di lapangan. Pendekatan rasional yang ditemukan di lapangan menjadi pendekatan paling berpengaruh kepada hasil Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 utamanya faktor rekam jejak dan kepribadian dari calon.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.