KETERTARIKAN POLITIK PENYANDANG DISABILITAS DALAM KONTEKS PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH TAHUN 2018 DI KABUPATEN PURBALINGGA

Published: 26 Dec 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi political efficacy Penyandang Disabilitas dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini ingin menjelaskan rendahnya partisipasi politik pemilih disabilitas melalui persepektif political efficacy. Peneliti berusaha mengkaji studi kasus tersebut dan mengangkatnya dengan judul Ketertarikan Politik Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 Di Kabupaten Purbalingga.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan tipe penelitian adalah studi dokumen (study of document). Sumber data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari wawancara responden, serta data sekunder dari arsip dan dokumen.
Penelitian ini menemukan bahwa pemilih disabilitas dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 di Kabupaten Purbalingga, memiliki makna penting sebagai perwujudan dari demokrasi, serta sarana untuk menyalurkan aspirasi masyarakat penyandang disabilitas. Kemudian untuk tingkat partisipasi pemilih disabilitas masih cukup rendah, faktor yang mendasarinya adalah kurangnya pemahaman mereka terkait Pilgub tersebut, dan termasuk kurangnya ketertarikan politik mereka terhadap Pilgub Jawa Tengah Tahun 2018 di Kabupaten Purbalingga.
Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada partai politik untuk memberikan pendidikan politik terhadap pemilih disabilitas supaya partisipasinya dapat ditingkatkan, serta untuk KPU Kabupaten Purbalingga agar memberikan sosialisasi secara mendalam dan mudah dipahami bagi pemilih disabilitas, supaya target tingkat partisipasi memilih dapat tercapai. Selain itu, pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya harus memberikan kemudahan akses bagi para penyandang disabilitas, agar dapat mengakomodasi hak-hak dan kepentingan mereka.

Article Metrics: