UPAYA PEMERINTAH DALAM MENJALANKAN SAPTA PESONA PARIWISATA DI KABUPATEN MAGETAN

Published: 26 Dec 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dibuat tujuannya untuk mengetahui kinerja pemerintah Kabupaten Magetan dalam pengelolaan dan pengembangan destinasi wisata berdasarkan Sapta Pesona Pariwisata. Dengan berjalannya Sapta Pesona Pariwisata secara berkelanjutan dan optimal, maka akan memberikan dampak yang positif bagi pemerintah dan masyarakat setempat.
Tipe penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh untuk penyempurnaan skripsi ini adalah wawancara dengan narasumber terkait dan arsip/dokumen yang diperoleh pada saat penelitian. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan telaah data.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa memang Kabupaten Magetan memiliki potensi pariwisata yang unggul, terutama objek wisata alamnya. Banyak sekali objek wisata alam seperti Telaga Sarangan, Air Terjun Tirtosari, Mojosemi Forest Park, Air Terjun Ndak Tuwo dan masih banyak lagi yang dimana penerapan Sapta Pesona Pariwisatanya belum berjalan dengan optimal. Potensi-potensi itulah yang harus diperhatikan oleh pemerintah Kabupaten Magetan, khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan. Dalam pengelolaan dan pengembangan objek wisata yang berdasarkan pada Sapta Pesona Pariwisata ini belum semuanya berjalan secara optimal. Fakta di lapangan menjelaskan bahwa memang penerapan Sapta Pesona Pariwisata ini belum berjalan secara sinergis antara satu dengan yang lain, yang dimana Sapta Pesona Pariwisata memiliki 7 aspek yaitu adalah: 1. Aman, 2. Tertib, 3. Bersih, 4. Sejuk, 5. Indah, 6. Ramah, 7. Kenangan. Pemerintah Kabupaten Magetan memiliki beberapa kebijakan, yang dimana kebijakan tersebut berkaitan dengan pengembangan objek wisata yang berdasarkan pada Sapta Pesona Pariwisata. Dalam berjalannya kebijakan-kebijakan tersebut ada beberapa kendala yang membuat kebijakan itu menjadi terhambat, salah satunya kurang kerjasamanya pemerintah dengan masyarakat sekitar dan tentunya kurang sadarnya masyarakat terhadap pentingnya Sapta Pesona Pariwisata. Jika pemerintah dan masyarakat sekitar dapat memahami pentingnya penerapan Sapta Pesona Pariwisata dengan baik, maka akan memberikan dan juga dampak yang baik bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Magetan.

Article Metrics: