ANALISIS IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE INDUSTRI PAKAN TERNAK PT. MALINDO FEEDMILL TBK

Published: 26 Dec 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Politik lingkungan membuktikan bahwa persoalan kerusakan lingkungan membutuhkan intervensi pemerintah atau bentuk tata kelola lain untuk menanganinya. Good Corporate Governance diperlukan untuk memastikan bahwa pengawasan dan pengendalian terhadap lingkungan yang baik sehingga menciptakan nilai tambah bagi perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat 2 masalah yaitu bagaimana upaya perusahaan dalam mengelola lingkungan dan limbah yang ditimbulkan oleh industri pakan ternak dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap keberadaan pabrik PT. Malindo Feedmill Tbk. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya perusahaan dalam mengelola lingkungan dan limbah yang ditimbulkan oleh industri pakan ternak dan untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap keberadaan pabrik PT. Malindo Feedmill Tbk.
Penelitian ini dilakukan dengan mixed method. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Good Corporate Governance dan persepsi masyarakat mengenai AMDAL/RKL/RPL dalam pelaksanaan kegiatan industri pakan ternak sangat berpengaruh dalam mengurangi tingkat pengangguran.
Penelitian ini menyimpulkan Good Corporate Governance dalam pelaksanaan AMDAL/RKL/RPL sudah teruwjud, hal ini dibuktikan dengan adanya pengaruh positif antara perusahaan dengan masyarakat.

Article Metrics: