Perilaku Pemilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak Tahun 2016

Published: 27 Dec 2017.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian yang berjudul “Perilaku Pemilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2016 Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Dalam penelitian dilakukan atas dasar asumsi yang beranggapan bahwa calon pertahana yang kurang disegani oleh masyarakat dalam segi kinerjanya atau mayoritas masyarakat mengeluhkan kinerjanya tetapi disisi lain beliau mampu memenangkan kembali Pemilihan Kepala Desa Mranak tahun 2016. Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan yaitu partama ingin mengetahui tentang Perilaku pemilih masyarakat Desa Mranak dalam Pemilihan Kepala Desa. Kedua ingin mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih dalam pemilihan kepala desa.

Teori yang digunakan sebagai alat analisis perilaku pemilih dalam pemilihan kepala desa dan faktor- faktor yang mempengaruhi yaitu Teori perilaku pemilih dari Syaiful Mujani, R William Liddle, Kuskridho, dan teori yang dijelaskan oleh Dieter Roth. Sedangkan teori yang digunakan untuk faktor- faktor yang mempengaruhi pemilih yaitu teori Adman Nursal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan teknik Multistage Random Sampling.

 Hasil penelitian ini ditemukan bahwa perilaku pemilih Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak dalam pemilihan kepala desa tahun 2016 yaitu berdasarkan pendekatan psikologis yang relatif mempengaruhi. Beberapa faktor psikologis yang mempengaruhi yaitu peran figur seorang kepala desa serta pengalaman yang dimiliki oleh calon. Karena bagi masyarakat figur atau kepribadian kepala desa sangat penting dan diutamakan selain itu juga didukung dengan faktor politik uang yang dilakukan oleh calon kepala desa, dapat dilihat dari segi jumlah uamg yang diberikan kepada pemilih untuk membeli suara.

Kata Kunci : Pilkades, Perilaku Pemilih, Politik Uang

 

Article Metrics: