IMPLEMENTASI KERJASAMA PEMERINTAH KOTA SEMARANG DAN PT. TELKOM DALAM MEMBANGUN SEMARANG SMART CITY

Published: 25 Sep 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membahas kerjasama antara Pemerintah Kota Semarang dengan PT. Telkom, mengkaji realisasi implementasi kerjasama tersebut dalam menghasilkan program-program terkait pembangunan Semarang smart city.Serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pelaksanaan kerjasama tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalaui wawancara, yang dilakukan dengan informan atau key person, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi dokumen, arsip, atau sumber lain yang berhubungan dengan penelitian. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif-kualitatif, yang dilakukan dengan memahami data yang diperoleh dari informan dan menarik pernyataan yang relevan, kemudian dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan atas hasil data penelitian berupa kata-kata dan kalimat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi kerjasama antara Pemerintah Kota Semarang dan PT. Telkom dalam membangun Semarang smat city, berjalan dengan baik dan telah mampu menghasilkan program-program yang berdayaguna dan inovatif dalam pemenuhan kebutuhan peningkatan kualitas pelayanan publik. Dalam melaksanakan program-program tersebut keterlibatan birokrat tidak dapat dipisahkan, namun belum seluruh birokrat Kota Semarang mampu mengoperasionalkan teknologi dengan baik, diharapkan pemerintah dapat menyelenggarakan pelatihan atau program-program pembekalan bagi para birkorat sehingga dapat menunjang efektifitas pelaksanaan program yang telah dibangun.
Kata Kunci: Implementasi, Kerjasama, Smart City, pelayanan public

Article Metrics: