skip to main content

GAGASAN NASIONALISME PRAMOEDYA ANANTA TOER DALAM KARYA “TETRALOGI BURU”


Citation Format:
Abstract

Melalui sebuah karya Pramoedya Ananta Toer berusaha untuk menanamkan gagasannya dari jalinan cerita. Novel sebagai sebuah karya fiksi memberikan gambaran kehidupan tokoh-tokoh di dalamnya. Sebagai hasil kerja kreatif novel tidak hanya menyampaikan tetapi juga menampung ide, teori, dan sistem berpikir manusia. Tetralogi Buru yang terdiri dari Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca mengungkapkan nasionalisme.
Untuk melihat gagasan nasionalisme dalam Tetralogi Buru maka penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi kepustakaan, hermeunetika dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah adik kandung Pramoedya Ananta Toer yaitu Soesilo Toer .
Hasil dari penelitian gagasan nasionalisme Pramoedya Ananta Toer dalam karya “Tetralogi Buru” adalah perjuangan pribumi melawan ketidakadilan yang dilakukan kolonialisme terhadap bangsa Indonesia. Perlawanan pribumi semakin terorganisir dengan terbentuknya perserikat.
Kata Kunci: Pramoedya Ananta Toer, Nasionalisme, dan Kolonialisme.

Fulltext

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.