PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA ( Studi Kasus : Perbandingan Pembangunan Infrastruktur Desa Plangitan Kecamatan Pati Kabupaten Pati dan Desa Tanjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati )

Published: 25 Sep 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Dalam rangka peningkatan persepsi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan diperlukan suatu pendekatan atau metode, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan yang bersumber dari masyarakat itu sendiri. Pembangunan desa dimaksudkan untu membantu dan mengacu masyarakat desa membangun berbagai sarana dan prasarana desa yang diperlukan, langkah atau kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah dalam melaksanakan pembangunan perlu diletakan dalam suatu kesatuan dengan daerah penyelenggaan pembangunan desa tidak terlepas dari kesadaran setiap penduduk yang tinggal di Desa tersebut, partisipasi dari masyarakat merupakan suatu syarat yang dapat menjamin keberhasilan pembangunan yang pada hakikatnya pembangunan desa adalah susatu proses modernisasi yang mengantarkan masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia kearah penghidupan yang lebih baik di masa depan. Dalam mewujudkan pembangunan di desa khususnya pembangunan di desa secara swadaya, partisipasi atas kemauan sendiri lebih di butuhkan dari pada partisipasi masyarakat desa secara swadaya. Penelitian ini dilaksanakan di desa Tanjungrejo dan desa Plangitan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif kualitatif yang dilakukan dengan menyebar angket dan wawancara mendalam serta observasi langsung di lapangan agar di dapatkan gambaran secara langsung tentang keadaan yang ada di lapangan atau tempat penelitian tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa secara umum persepsi dan partisipasi masyarakat Desa Tanjungrejo dan desa Plangitan dalam pelaksanaan program pembangunan yang ada di desanya sudah tergolong baik. Namun demikian masih terdapat faktor-faktor yang menjadi hambatan partisipasi dari masyarakat Desa Tanjungrejo dan desa Plangitan seperti persepsi yang negative terhadap pembangunan desa, kekecewaaan terhadap program yang tidak berjalan, dan hasil pembangunan yang kurang memuaskan.
Kata kunci : Persepsi, Partisipasi, Pembangunan Infrastruktur Desa.

Article Metrics: