Media Televisi Sebagai Basis Komunikasi Politik Partai Nasional Demokrat (Studi Penelitian Terhadap DPP Nasdem)

Published: 9 Jun 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

ABSTRAK
Sebagai partai baru yang berhasil mendapatkan suara sebesar 6,72 % dalam Pemilu 2014, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) cukup diperhitungkan dalam persaingan politik Indonesia. Tidak terlepas pula bagaimana strategi komunikasi dan kampanye politiknya untuk meraih perolehan suara tersebut.Salah satu strategi Partai Nasdem dalam kampanye Pemilu 2014 adalah dengan pemanfaatan media massa secara masif. Tidak bisa dipungkiri bahwa media televisi menjadi salah satu media kampanye terbesar yang mendorong elektabilitas partai Nasdem. Dengan hasil demikian, televisi diklaim efektif dalam memperkenalkan visi dan misi partai baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai strategi komunikasi Partai Nasional Demokrat (NasDem) melalui media televisi. Selain itu, latar belakang dan alasan penggunaan media elektronik televisi dalam media kampanye Nasdem dalam Pemilu 2014 juga menjadi fokus dalam penelitian.
Dalam penelitian ini, metode kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena yang ada. Metode kualitatif mampu membantu mendeskripsikan bagaimana startegi Partai Nasdem dalam menggunakan televisi sebagai media komunikasi politik. Teori-teori yang digunakan diantaranya teori partai politik, komunikasi politik dan media massa. Ketiga teori ini mampu membantu menganalisis fenomena strategi komunikasi Partai Nasdem dengan media televisi dalam Pemilu 2014. Penelitian ini pun dilakukan dalam lingkungan kantor dewan pimpinan pusat Partai Nasional Demokrat di jakarta lalu, melalui tiga narasumber yang berhubungan dengan bidang publikasi media. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam secara terstruktur terhadap narasumber, studi kepustakaan,dan dokumentasi mengumpulkan data yang relevan berupa arsip data, media cetak,dan media internet. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan menarik kesimpulan saran.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa media televisi merupakan salah satu sarana efektif yang digunakan Partai Nasdem dalam membangun image (citra) untuk mendongkrak elektabilitasnya dalam kancah perpolitikan nasional. Selain itu televisi juga lebih mudah menyampaikan visi misi dan program-program yang diusung oleh partai. Hasil lain yang ditemukan adalah alasan mengenai penggunaan media televisi dalam komunikasi dan kampanye politik yaitu mudahnya jangkauan masyarakat untuk mengakses media ini. Dengan demikian media televisi menjadi sarana efektif dalam menarik simpati calon pemilih. Hal ini pun menunjukkan bahwa komunikasi dan

Article Metrics: