Partisipasi Pemilih Anggota Syarikat Islam Banjarnegara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017

Published: 9 Jun 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Abstrak
Dewasa ini, dinamika politik di Indonesia semakin umum menjadi konsumsi masyarakat. Ormas terbentuk bukan semata untuk menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi dan ideologi politik, juga karena fitrah dan tugasnya berbeda. Namun, ormas memiliki peran yang cukup besar sebagai pemersatu para aktor atau pelaku politik. Di Kabupaten Banjarnegara, ormas Syarikat Islam (SI) berperan besar dalam proses atau aktivitas politik.
Anggota SI Banjarnegara tercatat sebagai anggota beberapa Partai Politik yang berbeda. Sebagian menduduki jabatan di lembaga legislatif daerah (DPRD) Kabupaten Banjarnegara. Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017, beberapa anggota SI tergabung dalam Tim Sukses setiap pasangan calon mewakili Partai Politik yang berbeda.
Partisipasi Politik anggota SI dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjarnegara tergolong tinggi. Mulai dari partisipasi politik yang terendah sampai Partisipasi Politik yang aktif yaitu sebagai Tim Sukses dalam Pilkada. Sebelumnya, pihak SI telah menghimbau kepada seluruh anggotanya dengan sebuah Maklumat untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilu tersebut. Namun, dengan catatan harus menjaga jarak yang sama terhadap semua Pasangan Calon.
Warga SI diperbolehkan berpolitik dengan ideologinya masing-masing namun tidak membawa nama besar Syarikat Islam. Partisipasi Politik yang tertinggi terbukti dengan adanya anggota SI yang tergabung dalam Tim Sukses pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjarnegara.

Article Metrics: