skip to main content

Partisipasi Masyarakat Provinsi Jawa Tengah Dalam Menggunakan E-Filling (Studi Penelitian di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekalangon)


Citation Format:
Abstract

Abstrak. E-filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak atau penyedia layanan SPT elektronik. E-filing mulanya diatur melalui Peraturan Jenderal Pajak Nomor PER-6/PJ/2009 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Dalam Bentuk Elektronik dan kemudian peraturan disempurnakan dengan Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-03/Pj/2015 tentang Penyampaian Surat Pemberotahuan Elektronik. Akan tetapi dalam pengimplementasiannya belum berjalan dengan maksimal. Salah satunya yang terjadi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekalongan.
Metode penelitian yang digunakan adalah mengunakan metode penelitian statistik non parametris dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan observasi. Respoden yang menjadi informan pada penelitian ini yaitu wajib pajak KPP Pratama Pekalongan yang tidak berpartisipasi dalam e-filing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab masyarakat belum berpartisipasi dalam penggunaan e-filing dikarenakan masyarakat tidak mengetahui tentang e-filing, kurang adanya publikasi dan sosialisai yang maksimal, masyarakat tidak mengerti prosedur penggunaan e-filing, masyarakat merasa kesulitan dalam penggunaan perangkat komputer dan internet, serta masyarakat sudah terbiasa menggunakan prosedur manual. Disamping itu, kebijakan e-filing yang ditetapkan pemerintah dengan mengharuskan masyarakat menggunakan perangkat komputer dan internet merupakan faktor penghambat masyarakat berpartisipasi dalam penggunaan e-filing serta harus mengikuti prosedur yang kurang dimengerti oleh masyarakat.
Rekomendasi yang bisa lakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penggunaan e-filing adalah dengan meningkatkan publikasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta masyarakat dihimbau untuk turut mengikuti perkembangan teknologi guna memudahkan aktivitasnya sehari hari, khusunya penggunaan e-filing.
Kata Kunci : Partisipasi, e-government, e-filing Abstract. E-filing is a way of electronically filing

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.