BibTex Citation Data :
@article{JO7672, author = {Ice Togatorop and Warsito Atmodjo and Sugeng Widada}, title = {PENGARUH ARUS TERHADAP MUATAN PADATAN TERSUSPENSI DI MUARA SUNGAI KALIMAS, SURABAYA}, journal = {Journal of Oceanography}, volume = {4}, number = {1}, year = {2015}, keywords = {Sedimen tersuspensi, ADCIRC, Muara Sungai Kalimas Surabaya}, abstract = { Sedimentasi terjadi tiap tahun di perairan pelabuhan Muara Sungai Kalimas walaupun telah dilakukan pengerukan pada area dermaga, namun jumlah sedimentasi yang terjadi tiap tahun selalu lebih besar dari sebelumnyasehingga akan mengganggu transportasi laut dari Surabaya sampai Madura dan proses bongkar muat di dermaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi padatan tersuspensi dan pengaruh arus terhadap sebaran muatan padatan tersuspensi sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan instansi terkait yang menangani hal tersebut dan dapat bermanfaat seperti dalam melakukan pengerukan pada daerah muara agar sistem pengangkutan barang dan pelayaran tidak terganggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kasus sedangkan metode yang digunakan dalam penentuan lokasi pengambilan sampel adalah purposive sampling method . Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer terdiri dari sampel sedimen tersuspensi dan data arus, dan yang digunakan sekunder yaitu Peta LPI dan data pasang surut. Pemodelan arus menggunakan model 2D depth average pada ADCIRC dan Surfer untuk sebaran sedimen tersuspensi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pada daerah muara sungai terdapat nilai konsentrasi material padatan tersuspensi lebih tinggi daripada daerah laut }, pages = {132--140} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/joce/article/view/7672} }
Refworks Citation Data :
Sedimentasi terjadi tiap tahun di perairan pelabuhan Muara Sungai Kalimas walaupun telah dilakukan pengerukan pada area dermaga, namun jumlah sedimentasi yang terjadi tiap tahun selalu lebih besar dari sebelumnyasehingga akan mengganggu transportasi laut dari Surabaya sampai Madura dan proses bongkar muat di dermaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi padatan tersuspensi dan pengaruh arus terhadap sebaran muatan padatan tersuspensi sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan instansi terkait yang menangani hal tersebut dan dapat bermanfaat seperti dalam melakukan pengerukan pada daerah muara agar sistem pengangkutan barang dan pelayaran tidak terganggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kasus sedangkan metode yang digunakan dalam penentuan lokasi pengambilan sampel adalah purposive sampling method. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer terdiri dari sampel sedimen tersuspensi dan data arus, dan yang digunakan sekunder yaitu Peta LPI dan data pasang surut. Pemodelan arus menggunakan model 2D depth average pada ADCIRC dan Surfer untuk sebaran sedimen tersuspensi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pada daerah muara sungai terdapat nilai konsentrasi material padatan tersuspensi lebih tinggi daripada daerah laut
Last update: