Kajian Potensi Gelombang Laut Sebagai Sumber Energi Alternatif Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) dengan Sistem Oscilatting Water Column (OWC) Di Perairan Pantai Bengkulu

Lutfi Agung Mardiansyah, Aris Ismanto, Wahyu Budi Setyawan

Abstract


Abstrak

Gelombang yang bergerak menjalar menuju pantai menimbulkan pergerakan partikel dan energi gelombang. Oscilatting water column (OWC) merupakan salah satu sistem dan peralatan yang dapat mengubah energi gelombang laut menjadi energi listrik dengan menggunakan kolom osilasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi gelombang laut sebagai sumber energi alternatif sistem oscilatting water column di perairan pantai Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14-17 Juni 2013 di perairan pantai Bengkulu, yaitu berupa data gelombang yang diukur dengan menggunakan wave recorder RBR, sedangkan data sekunder berupa data angin dari Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu. Pengolahan data angin dengan menggunakan software windrose, peramalan gelombang dengan metode SMB, persamaan gelombang dengan software grapher 10, dan kerapatan energi gelombang dengan persamaan untuk prototype yang sudah ada. Hasil pengukuran lapangan diperoleh tinggi dan periode gelombang signifikan 0,87 meter dan 3,53 detik, persamaan gelombang 0,89 meter dan 3,56 detik. Dengan lebar chamber prototype 2,4 meter, didapatkan potensi kerapatan energi gelombang tahunan terbesar terjadi pada musim Timur (2003-2012) yaitu 7600,64 (joule/m2)  and 1661,76 (watt/m2).


Keywords


Oscilatting Water Column, Energi Gelombang, Perairan Pantai Bengkulu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Journal of Oceanography by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joce is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats