Studi Sebaran Sedimen Menggunakan Software SMS (Surface-Water Modeling System) pada Musim Timur di Muara Sungai Wulan Kabupaten Demak

Sondy Sunaryo, Petrus Subardjo, Sugeng Widada

Abstract


Sedimentasi akan terjadi apabila terdapat suplai muatan sedimen yang berasal dari daratan yang dibawa melalui aliran sungai. Timbulnya daratan baru di daerah sekitar perairan Muara Sungai Wulan menyebabkan banyaknya endapan di sekitar muara sungai sehingga tampang alirannya kecil, yang dapat mengganggu pembuangan debit sungai ke laut.  Kajian ini dibatasi hanya pada jenis dan sebaran sedimen dasar serta sedimen suspensi di Perairan Muara Sungai Wulan Demak pada saat penelitian dilakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis dan sebaran sedimen dasar serta sedimen suspensi di perairan muara Sungai Wulan. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 Juni – 10 Juli 2012 pada posisi geografis 6°44' 26.6" LS sampai 6° 46'44.3" LS dan 110° 31' 00.6" BT sampai 110° 33' 34.6" BT..

Hasil analisis laboratorium terhadap sampel air di perairan sekitar muara Sungai Wulan menunjukkan bahwa nilai konsentrasi sedimen terendah di permukaan berada pada stasiun 5 dengan nilai 8.8 mg/l. Nilai konsentrasi sedimen tertinggi di permukaan berada pada stasiun 3 dengan nilai 90.8 mg/l. Di bagian kolom air, nilai konsentrasi terendah berada pada stasiun 4 dengan nilai 8.8 mg/l. Nilai tertinggi berada pada stasiun 1 dengan nilai 27.6 mg/l. Di dekat dasar perairan nilai konsentrasi terendah berada pada stasiun 5 dengan nilai 8.8 mg/l. Nilai konsentrasi tertinggi berada pada stasiun 9 dengan nilai 18.1 mg/l. Sementara sedimen dasar sekitar perairan di sekitar muara Sungai Wulan didominasi oleh sedimen lanau (silt) dengan nilai rata-rata persentase dari 10 stasiun sebesar 52.78%, sedangkan untuk sedimen pasir, nilai rata-rata persentasenya sebesar 29.22% dan untuk lempung (clay) sebesar 18%.  Pemodelan konsentrasi TSS menghasilkan sebaran konsentrasi TSS saat pasang dan sebaran konsentrasi TSS saat surut dengan nilai MRE (Mean Relative Error) sebesar 28.44%.


Keywords


Sedimen, SMS, Muara Sungai Wulan, TSS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Journal of Oceanography by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joce is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats