skip to main content

STUDI KONFIGURASI REFLEKSI SEISMIK DAN KARAKTERISTIK SEDIMEN DASAR DI PERAIRAN BATUATA, SULAWESI TENGGARA


Citation Format:
Abstract

Abstrak

Penelitian mengenai dasar laut telah dilakukan di Perairan Batuata Sulawesi Tenggara untuk mengetahui konfigurasi refleksi seismik dan karakteristik sedimen dasar laut. Penelitian ini dilakukan selama bulan Mei 2012 menggunakan kapal Geomarin III milik Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Eksplorasi dasar laut khususnya sumber daya non hayati, banyak menggunakan metode akustik bawah laut. Metode ini dapat menggambarkan kondisi dasar laut secara cepat dan insitu tanpa mengubah atau merusak objek yang diteliti. Materi yang diteliti berupa contoh sedimen dasar laut yang diambil menggunakan alat gravity core sebanyak 6 (enam) titik lokasi dan rekaman seismik. Selain itu dilakukan pula pemeruman dasar laut untuk mengukur kedalaman Perairan Batuata, Sulawesi Tenggara.

Hasil penelitian menunjukan sedimen dasar di Perairan Batuata, Sulawesi Tenggara termasuk dalam sedimen laut dalam yang  berjenis sedimen biogeneous, dengan ukuran butir pasir dan lempung. Hasil pemeruman menunjukan bagian terdalam yang terukur di sekitar Perairan Batuata adalah 2500 meter. Interpretasi rekaman seismik menunjukan lapisan struktur dasar laut perairan Batuata memiliki konfigurasi refleksi seismik parallel, divergent, sigmoid dan chaotik. Konfigurasi refleksi seismik parallel discontinue terlihat di beberapa lintasan survei yang diduga terjadi akibat adanya ketidakselarasan maupun jalur sesar.

Fulltext View|Download
Keywords: Sedimen laut dalam, Refleksi seismik, Perairan Batuata

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.