Pemetaan Banjir Rob Terhadap Pasang Tertinggi di Wilayah Pesisir Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara

Hendra Frederick, Agus Anugroho Dwi S, Hariadi Hariadi

Abstract


Kecamatan Medan Belawan adalah salah satu dari 21 Kecamatan yang berada dibagian utara Kota Medan dengan Luas ± 21,82 Km² dan berada pada ketinggian 3 meter diatas permukaan laut. Salah satu permasalahan di Kecamatan Medan Belawan, yaitu banjir pasang/rob. Saat ini daerah pesisir Kecamatan Medan Belawan sering terjadi banjir pasang yang diakibatkan karena air laut pasang.

Banjir rob merupakan genangan air laut pada bagian daratan pantai yang terjadi akibat air laut pasang. Adanya pasang naik dan pasang surut akan mempengaruhi kondisi genangan yang terjadi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi banjir rob yang terjadi di Medan Belawan, Sumatera Utara.

Analisis harmonik pasang surut menggunakan metode Admiralty. Tujuan perhitungan metode admiralty adalah untuk mendapatkan konstanta harmonik pasang surut yang meliputi Amplitudo, M2, S2, K1, O1, N2, K2, P1, M4, MS4. Melakukan pendekatan Digital Elevation Model (DEM) dengan metode Topo to Raster untuk menggambarkan kondisi Medan Belawan saat ini. Hasil dari metode Admiralty diperoleh nilai Formzahl sebesar 0,14 cm maka pasang surut perairan Medan Belawan adalah bertipe pasang surut harian ganda dengan MSL = 144,88 cm, HWL = 246 cm, dan HHWL = 232,71 cm. Luas genangan yang terjadi pada bulan September tahun 2015 sebesar 540,938 ha meliputi Kelurahan Sicanang, Kelurahan Belawan I, Kelurahan Belawan Bahagia dan Kelurahan Bagan Deli. Berdasarkan grafik regresi didapat hubungan korelasi yang sangat kuat, artinya semakin besar elevasi pasang surut, maka akan semakin besar luas genangan yang terjadi.


Keywords


Rob, Pasang surut, DEM, Medan Belawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Journal of Oceanography by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joce is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats