STUDI SEBARAN KONSENTRASI NITRAT DAN KLOROFIL-A DI PERAIRAN TELUK UJUNGBATU JEPARA

Received: 14 Apr 2016; Published: 1 May 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 58 73
Abstract

Teluk Ujungbatu merupakan perairan yang banyak digunakan untuk berbagai aktifitas manusia seperti pemukiman penduduk, kegiatan pertambakan dan aktivitas dermaga nelayan, sera dermaga kapal. Dengan kondisi seperti ini dapat memberikan dampak yang berpengaruh terhadap kesuburan dan kualitas perairan di wilayah tersebut. Hal ini dapat ditinjau dari konsentrasi nitrat dan kandungan klorofil-a yang berkaitan dengan faktor fisika dan kimia perairan, yaitu suhu, DO, salinitas, kecerahan dan pH.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2015. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat konsentrasi dan pola sebaran nitrat serta kandungan klorofil-adi perairan Teluk Ujungbatu Jepara. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada 10 stasiun dengan pertimbangan dapat mewakili wilayah muara sungai, dalam teluk dan luar teluk. Data yang diamati adalah konsentrasi nitrat, klorofil-a, suhu, DO, salinitas, kecerahan dan pH serta pemodelan arus laut menggunakan MIKE 2.1. Pengolahan data menggunakan software ArcGIS 10.0 sehingga output yang dihasilkan berupa distribusi spasial.

Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa konsentrasi nitrat dan kandungan klorofil-a akan semakin kecil ke arah laut. Konsentrasi nitrat berkisar antara 0,345 – 0,65 mg/l dan kandungan klorofil-a berkisar antara0,04 – 0,08 µg/l. Pola sebaran  konsentrasi nitrat dan kandungan klorofil-a mengarah ke barat daya mengikuti pola arus dengan kecepatan berkisar antara 0,028 – 0,167 m/dt.

Keywords: Nitrat, Klorofil-a, Kualitas Air, Sebaran, Teluk Ujungbatu

Article Metrics: