slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENGEMBANGAN METODE SURVEI EVALUASI KONDISI KERUSAKAN JALAN | Nasution | Jurnal Karya Teknik Sipil skip to main content

PENGEMBANGAN METODE SURVEI EVALUASI KONDISI KERUSAKAN JALAN

*Inrda Syahputra Nasution  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Gidion Alamta Silaban  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
bagus Hario Setiadji  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Supriyono supriyono  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia

Citation Format:
Abstract
ABSTRAK

Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang membutuhkan jalan sebagai prasarana memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek. Kerusakan pada jalan akan menimbulkan dampak yang  besar dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Untuk mengetahui apakah jalan masih dalam kondisi yang baik atau diperlukan program rehabilitasi pemeliharaan jalan diperlukan adanya evaluasi permukaan jalan. Dalam pelaksanaan evaluasi permukaan jalan maka dibutuhkan survei kondisi jalan. Survei kondisi jalan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data kerusakan jalan yang terjadi. Tidak efisien apabila survei dilakukan dengan pengukuran langsung satu per satu kerusakan yang terjadi pada jalan. Maka dari itu dilakukan pengembangan metode survei kerusakan jalan agar menjadi lebih efisien dan akurat pada data kerusakan yang didapatkan. Dalam pengegembangan metode survey kerusakan jalan dilakukan dengan menggunakan alat prekan untuk mendapatkan data kerusakan jalan. Setelahnya dilakukan uji coba untuk mendapatkan kondisi ketinggian kamera,sudut kamera dan kecepatan kendaraan yang optimal saat melakukan survei kondisi kerusakan jalan. Dari hasil uji coba diperoleh kecepatan 10 – 20 km/jam dengan ketinggian kamera berkisar ±50 – 60 cm serta sudut pengambilan kamera 40° - 45° untuk mendapatkan hasil rekaman yang optimal. Untuk mengetahui hasil keakuratan data yang didapatkan maka dilakukan perbandingan hasil rekaman video dengan data hasil pengukuran lapangan. Dari perbandingan  hasil rekaman video dengan data hasil pengukuran lapangan terjadi selisih nilai dengan persentase dibawah 10% dimana masih dianggap dapat mewakili kondisi kerusakan yang sebenarnya.

Fulltext
Keywords: Survei; kerusakan jalan; metode

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.