BibTex Citation Data :
@article{JKTS20617, author = {Baskoro Baskoro and Hari Sitio and Ismiyati Ismiyati and M.Agung Wibowo}, title = {PERHITUNGAN BIAYA OPERASI KENDARAAN DENGAN MELIHAT NILAI WAKTU PADA PENENTUAN TARIF PARKIR METERAN}, journal = {Jurnal Karya Teknik Sipil}, volume = {7}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {Biaya Operasi Kendaraan Parkir Badan Jalan; Parkir Meteran}, abstract = { ABSTRAK Pertumbuhan populasi, jumlah kepemilikan kendaraan, serta sistem angkutan umum yang kurang efisien merupakan faktor permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia.. Tidak terkecuali permasalahan kemacetan yang terdapat di Kota Semarang. Hal ini diperparah lagi dengan adanya kendaraan yang diparkir pada badan jalan. Salah satu ruas jalan utama di Kota Semarang yang sebagian badan jalannya digunakan untuk parkir kendaraan adalah Jalan MT Haryono. Salah satu upaya penanganan parkir badan jalan adalah dengan sistem parkir meteran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh parkir badan jalan terhadap kinerja lalu lintas di Jalan MT Haryono, mengetahui besarnya biaya operasional kendaraan yang didapat dari kecepatan, derajat kejenuhan volume lalu lintas kendaraan terbesar di jam puncak dan akibat kendaraan yang parkir di badan jalan. Untuk mencari nilai biaya operasi kendaraan dengan mengasumsikan produk domestic regional bruto sebagai biaya pengganti driver . Obyek dalam penelitian ini yaitu kendaraan parkir dan kendaraan yang melewati ruas jalan MT.Haryono. Teknik pengumpulan data dengan observasi di jalan MT Haryono. Teknik analisis data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dengan variabel penelitiannya yaitu data volume lalu lintas, kecepatan arus bebas kendaraan, kerapatan, dan derajat kejenuhan. Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah adanya pengurangan lebar jalan efektif yang diakibatkan oleh adanya manuver parkir, berpengaruh pada nilai derajat kejenuhan yang semakin besar dan kecepatan yang semakin rendah yang berdampak pada besarnya nilai biaya operasional kendaraan dan tarif parkir yang akan diterapkan pada sistem parkir meteran. }, pages = {289--300} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/20617} }
Refworks Citation Data :
ABSTRAK
Pertumbuhan populasi, jumlah kepemilikan kendaraan, serta sistem angkutan umum yang kurang efisien merupakan faktor permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia.. Tidak terkecuali permasalahan kemacetan yang terdapat di Kota Semarang. Hal ini diperparah lagi dengan adanya kendaraan yang diparkir pada badan jalan. Salah satu ruas jalan utama di Kota Semarang yang sebagian badan jalannya digunakan untuk parkir kendaraan adalah Jalan MT Haryono. Salah satu upaya penanganan parkir badan jalan adalah dengan sistem parkir meteran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh parkir badan jalan terhadap kinerja lalu lintas di Jalan MT Haryono, mengetahui besarnya biaya operasional kendaraan yang didapat dari kecepatan, derajat kejenuhan volume lalu lintas kendaraan terbesar di jam puncak dan akibat kendaraan yang parkir di badan jalan. Untuk mencari nilai biaya operasi kendaraan dengan mengasumsikan produk domestic regional bruto sebagai biaya pengganti driver. Obyek dalam penelitian ini yaitu kendaraan parkir dan kendaraan yang melewati ruas jalan MT.Haryono. Teknik pengumpulan data dengan observasi di jalan MT Haryono. Teknik analisis data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dengan variabel penelitiannya yaitu data volume lalu lintas, kecepatan arus bebas kendaraan, kerapatan, dan derajat kejenuhan. Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah adanya pengurangan lebar jalan efektif yang diakibatkan oleh adanya manuver parkir, berpengaruh pada nilai derajat kejenuhan yang semakin besar dan kecepatan yang semakin rendah yang berdampak pada besarnya nilai biaya operasional kendaraan dan tarif parkir yang akan diterapkan pada sistem parkir meteran.
Last update: