skip to main content

ANALISIS KELAYAKAN FASILITAS LANDSIDE DI TERMINAL 1A BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA

*Andika Ainoor Henganingayu  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Hayuning Santa Asisi  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Y.I. Wicaksono Y.I. Wicaksono  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Bagus Hario Setiadji  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Terminal 1 Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta terbagi menjadi 3 sub-terminal yaitu terminal 1A, terminal 1B, dan terminal 1C. Terminal 1A (Domestik) hanya dioperasikan oleh maskapai Lion Air. Kepadatan penumpang pada terminal 1A bisa terjadi dikarenakan pertumbuhan penumpang per tahun yang melebihi kapasitas dari terminal rencana. Penumpang peak hour dianalisis berdasarkan SNI 03-7046-2004, IATA Airport Development Reference Manual (ADRM) dan FIFO (first in first out). Analisis ini bertujuan untuk evaluasi kelayakan fasilitas landside pada terminal 1A (Domestik) yaitu pada fasilitas terminal penumpang (check in counter, ruang tunggu keberangkatan dan baggage claim), fasilitas aksesbilitas terminal dan fasilitas parkir terminal 1. Selain penambahan jumlah check in counter dan baggage claim devices, kepadatan pada terminal penumpang dapat diatasi dengan check in online dan pemisahan check in counter dengan bagasi dan tanpa bagasi, di samping itu perlu adanya penambahan papan penunjuk jalan yang jelas di sepanjang jalan sebelum titik
Fulltext
Keywords: Baggage Claim, Check In Counter; Ruang Tunggu Keberangkatan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.