PERENCANAAN SUDETAN SUNGAI KUALA TENDEKI PADA JALAN TOL MANADO – BITUNG

*Laksmana Angga  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Toebagus Galih  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Sutarto Edhisono  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Dyah Ari Wulandari  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Published: 26 Apr 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 43
Abstract

ABSTRAK

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara bekerja sama untuk membuat Jalan Tol Manado – Bitung. Jalan Tol Manado – Bitung dibangun untuk menyediakan jalan alternatif dari ruas jalan existing yang masih menjadi satu-satunya jalur penghubung kedua kota tersebut dan akan menjadi jalan akses utama ke kawasan ekonomi khusus (KEK) Bitung dan pelabuhan hubungan internasional Bitung.

Trase jalan tol tersebut melewati alur sungai yang berkelok-kelok dan untuk mengamankan badan jalan agar tidak tergerus aliran sungai maka diperlukan sudetan. Sebagai akibatnya alur sudetan menjadi curam, sehingga diperlukan ambang  untuk menjaga kelandaian dan perkuatan dasar sungai dan tebing. Pada perencanaan sudetan dilakukan beberapa analisis di antaranya, analisis hidrologi, analisis hidrolika sungai, dan analisis erosi dan sedimentasi.

Keywords: Sudetan; Ambang; Erosi; Sedimentasi.

Article Metrics: